SUB MENU


Rabu, 04 Mei 2011

Cara Merefrsehingkan Otak Untuk Mengatasi Stres

Di artikel ini akan dibahas cara - cara untuk mengatasi stres atau jenuh dan barang kali artikel ini
semoga dapat menghilangkan kepenatan pikiran atau menjadi obat kelelahan otak dan tubuh. Untuk itu mari baca artikel ini hingga akhir.

Pada dewasa ini telah banyak pekerjaan yang cenderung menggunakan kerja otak. Hal itu karena kita hidup dijaman modern, tuntutan pekerjaan yang ketat pun harus dipenuhi kalau ingin mau dapat bersaing di era globalisasi. Otak pun lama kelamaan akan jenuh akibatnya pada berimbas pada rasa sakit kepala ( pusing karena tekanan -> wah parah tuh harus segera mengatasi stresnya ) dan emosipun tak stabil serta dalam actionnya bisa mempengaruhi performance kerja kita. Kalau begini terus, lama kelamaan kerja kita tidak maksimal.

Nah sahabat, itu tadi salah satu contoh di dalam dunia nyata dari efek otak yang sering tertekan atau pikiran yang sering stres / cendrung otak blank dan faktor kejenuhan. Kejadian seperti itu bisa terjadi kepada siapa saja misalnya seorang pelajar atau mahasiswa, bisnis man / karyawan, atlet, dan lain sebagainya. Bahkan pekerjaan ringan pun kalau dilakukan terus menerus kadang bisa terasa jenuh.

Sehingga kita perlu untuk merefreshing otak atau melepaskan beban pikiran. Baiklah, daripada lama saya akan mencoba menulis tentang cara-cara agarpikiran tidak / cepat stres. Sahabat, baca artikel ini sampai akhirya.

Cara - cara merefreshing pikiran untuk mengatasi stres adalah sebagai berikut :

1. Istirahatkan otak, pikiran, emosi, dan tubuh
Istirahat disini maksudnya bukan hanya dengan tidur saja. Istirahat bisa juga melepaskan sebentar tujuan anda, beban anda, juga di ikuti gerakan tubuh yang rileks santai dan tidak memikirkan apapun. Kemudiana bayangkan kondisi sahabat yang paling baik ( misalnya : bersenang-senang di pantai dengan bermain ombak ). Akhirnya sahabat dalam kondisi netral alias kondisi yang paling nyaman menurut anda.

2 Ikhlas
Ikhlas menerima kondisi, misalnya ketiga ada tugas yang numpuk, Anda harus ikhlas berusaha untuk menyelesaikan, jangan malah memikirkan kekurangan yang bisa-bisa menambahi beban pikiran otak.

3. Carilah suansana yang berbeda ( warnai hidup dengan berbagai warna )
Kalau lagi gak bokek, bisa saja kita menggunakan cara rekreasi.
Namun, kalau tidak ingin pergi jauh, bisa melakukan aktivitas yang tidak sesuai karakter anda, atau belajar hal baru yang tentunya masih di dalam norma

4 Sering - seringlah melancarkan peredaran darah ( jawa : ngolet ).
Karena dengan ngolet bisa merilekskan tubuh pada waktu itu juga. Sehingga pikiran pun terasa luas.

6 Berolahraga
Olahraga yang dianjurkan adalah joging atau lari dengan kecepatan sedang dan teratur. Jangan lupa sebelum olahraga pemanasan yang cukup, lalu berlarilah dengan tubuh yang santai sampai beberapa menit ( bisa 20-40 menit) dan kalau sudah selesai pendinginan juga. Nah, dengan begitu anda akan merasa tambah semangat dan percaya diri mental pun pasti kuat dan berwawasan luas. Pokoknya dengan joging seperti ini bermanfaat untuk jasmani dan rohani.

7 Sering - seringlah bersyukur
Dengan bersyukur anda akan merasa cukup. Dan pikiran pun tak akan mengandai-andaikan keinginan yang tentunya jauh dari kenyataan. Akhirnya pun pikiran bisa bekerja dengan terbaik, tanpa dibebani pikiran yang kosong.

8 Luangkan waktu untuk bermain mensatbilkan kerja
Sering kita jumpai seseorang itu bekerja hanya memikirkan apa yang menjadi bidangnya saja, misal aja : orang keuangan yang bekerja di bagian penting, kadang kala lupa melakukan seni. Nah seperti ini bisa tidak menyeimbangan kerja otak. Untuk itu perlu diperlukan bermain permainan yang sederhana yang mengasah keseimbangan motorik, dan kecerdasan otak kanan, kiri, tengah dan belakang.

9 Mengeluarkan uneg-uneg yang mengambang
Uneg-uneg tentang masalah yang belum jelas memang perlu dikeluarkan dan solusi, jangan dinikmati sendiri. Untuk itu curhat mencari solusi dari masalah bisa dilakukan.

10 Membasuh badan dengan air segar
Bisa merasakan kenikmatan air yang segar alias benar - benar fresh dapat mengurangi ketegangan otot sehingga dapat menambah tingkat kesadarn dan kenyamanan kita. Kalau mau merasakan teman - teman bisa mencoba membasuh air pada tempat yang menjadi titik penting saraf, seperti telapak kaki ( "direndam juga boleh" pengalaman pribadi ), punggung ( mendingan mandi ), tangan, wajah, kepala.

Nah itu beberapa cara dari sekian banyaknya berbagai cara -cara untuk mengatasi / mencegah stres. Nah sekian, semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. udah semuanya tapi tetep ga bisa kak :( otak saya udah ngeblank

    BalasHapus
  2. Bagus artikelnya. Bagaimana kalau kita sedikit memanfaatkan waktu di rumah? Ini salah satu artikelnya https://www.anakadam.com/2016/08/membuat-bumi-kecil/ Terimakasih.

    BalasHapus
  3. Bagus artikelnya. Bagaimana kalau kita sedikit memanfaatkan waktu di rumah? Ini salah satu artikelnya https://www.anakadam.com/2016/08/membuat-bumi-kecil/ Terimakasih.

    BalasHapus